Pembebanan setiap sumbu ditentukan oleh muatan dan konfigurasi
sumbu kendaraan. Semakin banyak jumlah sumbu roda, semakin banyak jumlah roda, semakin besar beban yang bisa diangkut kendaraan tersebut.
Beberapa konfigurasi sumbu kendaraan, antara lain:
- STRT : Sumbu Tunggal Roda Tunggal ( Damage Factor = 1 )
- STRG : Sumbu Tunggal Roda Ganda ( Damage Factor = 1 )
- STdRG : Sumbu Tandem Roda Ganda ( Damage Factor = 8.6% atau 0.086)
- STrRG : Sumbu Tripel Roda Ganda ( Damage Factor = 5.3% atau 0.053)
'Td' / Tandem dipakai untuk merujuk kata ‘GANDA’, cek disini.
Di jurnal-jurnal teknik sipil sekarang, sudah banyak yang menggunakan SGRG atau
Sumbu Ganda Roda Ganda tapi menurut saya, penggunaan STdRG atau SGRG tidak menjadi persoalan besar, asalkan diberikan penjabaran dari singkatannya masing-masing supaya orang awam bisa paham.
No comments:
Post a Comment