Saturday, August 13, 2022

Konfigurasi Sumbu Kendaraan

 

 

Pembebanan setiap sumbu ditentukan oleh muatan dan konfigurasi sumbu kendaraan. Semakin banyak jumlah sumbu roda, semakin banyak jumlah roda, semakin besar beban yang bisa diangkut kendaraan tersebut.

 

Beberapa konfigurasi sumbu kendaraan, antara lain:

  • STRT      : Sumbu Tunggal Roda Tunggal ( Damage Factor = 1 )
  • STRG      : Sumbu Tunggal Roda Ganda ( Damage Factor = 1 )
  • STdRG   : Sumbu Tandem Roda Ganda ( Damage Factor =  8.6% atau 0.086)
  • STrRG    : Sumbu Tripel Roda Ganda ( Damage Factor =  5.3% atau 0.053)

 

'Td' / Tandem dipakai untuk merujuk kata ‘GANDA’, cek disini.

Di jurnal-jurnal teknik sipil sekarang, sudah banyak yang menggunakan SGRG atau Sumbu Ganda Roda Ganda tapi menurut saya, penggunaan STdRG atau SGRG tidak menjadi persoalan besar, asalkan diberikan penjabaran dari singkatannya masing-masing supaya orang awam bisa paham.

No comments:

Post a Comment

Local Public Transport in Indonesia from a Japanese Perspective (part 2)

  Event date : August 12, 2025 Held by : Pustral UGM